Hepiw
ibu hamil

22 Pantangan Bagi Ibu Hamil !! Benar Pantangan Atau Hanya Sebuah Mitos ??

Ibu Hamil – Kehamilan adalah sebuah proses alami yang penuh keajaiban dari sang Maha Pencipta. Momen-momen ini menjadi awal dari sebuah kehidupan baru dari sebuah keluarga. Terkadang dalam proses kehamilan mengundang banyak pertanyaan dan juga mitos. Ada banyak hal tentang kehamilan yang perlu Bunda semua ketahui.

Sejak awal kehamilan, seorang Bunda akan mendapat berbagai pelajaran dari orang sekitar biasanya yang telah melalui masa kehamilan, terutama orang tua Bunda sendiri. Berupa nasehat atau pantangan – pantangan saat menjalani masa kehamilan.

Pantangan tersebut tidak hanya di lakukan oleh Bunda yang sedang hamil saja, namun juga oleh Suami Bunda. Terkadang pentangan tersebut berbau mitos sejak jaman dahulu kala, yang di lakukan secara turun temurun. Kendati hanya mitos bertujuan menjaga kesehatan dan keselamatan Bunda dan Bayi, ternyata tidak sedikit mitos yang dibantah para Bunda lantaran dianggap tidak masuk akal.

Meski sering kali dianggap tidak masuk akal, pantangan – pantangan Ibu Hamil pada suatu kondisi tertentu menunjukan suatu kebenaran. Entah karena hanya sebuah sugesti atau karena dihubung-hubungkan saja atau bisa jadi hanya sebuah kebetulan saja. Kembali lagi semua tergantung Bunda dalam menyikapi hal-hal tersebut, karena bisa jadi hanya sebuah mitos atau benar-benar pantangan bagi Ibu Hamil.

ibu hamil
Image : cdn.hellosehat.com

22 Pantangan Bagi Ibu Hamil Yang Harus Bunda Ketahui !!

ibu hamil
Image : merries.co.id

1. Jangan Duduk Di Depan Pintu

Seseorang Ibu yang sedang hamil pasti tidak boleh duduk di depan pintu, dikarenakan di depan pintu menjadi lalu lintas angin yang sangat kuat. Terpapar angin dingin dapat membuat sistem kekebalan tubuh dan dapat melemah, padahal di saat hamil wanita butuh stamina dan kesehatan yang lebih kuat.

Akan tetapi orang pada zaman dahulu memberikan alasan bahwa ketika ibu hamil duduk di depan pintu, roh jahat akan membawa janin yang ada dalam kandungan pergi.

ibu hamil
Image : awsimages.detik.net.id

2. Ibu Hamil Harus Makan 2 Kali Lebih Banyak

Mitos tersebut muncul karena mungkin dalam tubuh Ibu Hamil terdapat 2 tubuh yang membutuhkan asupan nutrisi. Namun faktanya, kebutuhan kalori ibu hamil memang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Namun, tidak berarti bahwa ibu harus makan dua kali lebih banyak dari saat sebelum hamil. Yang paling penting adalah makan denfan menu bergizi lengkap dan seimbang.

Menurut ahli seorang Ibu hanya membutuhkan tambahan kalori sebesar 300 kalori setiap harinya. Nah apabila Bunda menambah porsi makan setiap harinya dan membuat kelebihan berat badan di saat Bunda hamil hanya akan memicu masalah kehamilan, seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan pre-eklampsia.

ibu hamil
Image : 4.bp.blogspot.com

3. Tidak Boleh Membunuh Hewan

Jika Bunda sedang hamil, apabila suami Bunda membunuh hewan terdapat mitos bahwa anak Bunda nantinya yang akan lahir dikhawatirkan akan berwujud seperti hewan yang di bunuh. Akan tetapi menurut medis, membunuh hewan yang sebenarnya tidak mengganggu keselamatan Bunda yang sedang hamil, akan tetapi dapat meninggalkan efek psikologis buruk.

Bagaimanapun membunuh hewan yang tidak membahayakan adalah tidakan yang tidak terpuji. Karena sesama makhluk Tuhan kita harus saling menyayangi.

ibu hamil
Image : pontianak.tribunnews.com

4. Konsumsi Durian, Nanas, Kweni Dan Tape Membahayakan Kandungan

Hal tersebut memang bukan hanya sekedar mitos belaka, Bunda yang sedang hamil tersebut memang tidak dianjurkan untuk makan buah Durian, Nanas, Kweni atau Tape. Secara medis Buah Durian dan Tape mengandung kadar alkohol yang tinggi, sehingga membuat tubuh menjadi panas. Selain itu dapat menyebabkan Bunda yang sedang hamil mengalami kontraksidan berpotensi keguguran.

Sedangkan apabila Bunda di rumah yang sedang hamil mengonsumsi nanas muda dan kweni yang notabennya memiliki rasa sangat asam dalam jumlah berlebihan berpotensi memunculkan kontraksi pada kandungan dengan sifat abortivumnya, terlebih saat usia kehamilan masih dini yang beresiko terjadinya keguguran juga.

ibu hamil
Image : alodokter.com

5. Makan Buah Warna Merah, Bayi Akan Memiliki Pipi Merah

Semua buah-buahan yang berwarna merah merupakan alergen yang kuat. Menurut pengobatan tradisional di Rusia, Bunda yang sedang hamil tidak seharusnya memakan itu. Akan tetapi dokter malah mengatakan sebaliknya. Kembali lagi ke pribadi masing-masing, yang jelas apapun yang dimakan berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

ibu hamil
Image : orami.co.id

6. Larangan Minum Es Bagi Ibu Hamil

Bagi Bunda yang hamil, minum es saat hamil menjadi sebuah pantangan. Karena dimitoskan wanita hamil yang sering meminum es akan mengalami kesulitan saat proses melahirkan, lantaran bayi dalam kandungan cenderung membesar.

Akan tetapi menurut dokter kandungan mengkonsumsi es tidak dilarang, asalkan tidak dalam porsi yang terlalu banyak. Terlalu benyak mengkonsumsi es dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada Bunda Hamil karena ulu hati terasa sesak.

ibu hamil
Image : hellosehat.com

7. Memakan Daging Kambing Membahayakan Janin

Pantangan yang satu ini memang bukan sebuah mitos, dikarenakan daging Kambing memiliki kadar lemak jenuh tinggi. Lemak jenuh yang tinggi ini akan mempengaruhi metabolisme asam urat.  Kelebihan kolestrol dan sakit jantung juga bisa diderita bila Bunda hamil memakan daging kambing dengan porsi yang besar ataupun sering makan daging kambing.

ibu hamil
Image : ladangjiwa.com

8. Dilarang Makan Udang Dan Kepiting

Mitos yang beradar ini memanglah benar, karena dapat dibuktikan dalam dunia medis. Mengingat berbagai jenis seafood atau makanan laut memang sering mendandung logam berat yaitu merkuri, sehingga cukup beresiko bagi janin dalam kandungan Bunda. Seperti diketahui bahwa merkuri dapat membuat janin tumbuh dalam kondisi cacat dan terhambat.

ibu hamil
Image : sambalahap.id

9. Mitos Untuk Tidak Makan Lele

Bagi Bunda yang sedang hamil ada pantangan untuk tidak mengkonsumsi ikan lele, hal ini karena dipercaya dapat membuat kepala bayi membesar sangat cepat sepperti ikan lele sehingga akan menyulitkaan proses persalinan. Akan tetapi dari sisi medis ini adalah sebuah pantangan yang salah. Justru ikan lele merupakan sumber protein yang baik bagi Ibu hamil dalam menyediakan gizi untuk kesehatan dan pertumbuhan dari janin Bunda semua.

ibu hamil
Image : blog.elevenia.co.id

10. Mengkonsumsi Air Kelapa Hijau Menjelang Kelahiran Bisa Membuat Kulit Bayi Bersih

Perlu Bunda ketahu Air kelapa hijau memiliki kandungan kalori yang tinggi, untuk memberi tenaga saat melahirkan dan mengandung banyak ion elektrolit. Namun, tidak aada kaitannya dengan kebersihan air kektuban dan kulit bayi.

ibu hamil
Image: program-hamil.com

11. Makan Pisang Kembar Siam (Dempet)

Bagi Bunda yang sedang hamil mengkonsumsi pisang dempet dan buah lainnya yang tumbuh dalam kondisi siam  dipercaya dapat membuat Ibu hamil melahirkan anak yang kembar siam.

ibu hamil
Image : solusisehatku.com

12. STOP Makan Ikan Mentah Bagi Ibu Hamil !!

Mengkonsumsi ikan mentah pada saat hamil dimitoskan dapat membuat bayi berbau amis pada saat lahir. Akan tetapi secara medis, hal tersebut tidak berpengaruh dalam kesehatan bayi. Ada baiknya Bunda mengkonsumsi makanan yang telah matang, karena kebersihannya lebih terjamin.

ibu hamil
Image : detikepri.com

13. Hindari Minuman Berkafein

Kafein dan zat-zat stimulan yang biasa ditemukan pada minuman bersoda, kopi, teh atau coklat memang tidak baik untuk Ibu Hamil.

Mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak bisa menyebabkan gangguan emosi pada Bunda yang sedang hamil. Selain itu Bunda akan mengalami kegelisahan dan sulit tidur, juga bayi lahir dengan bobot kurang dari bobot bayi normal pada umumnya. Kafein juga merangsang berkemih lebih banyak dan bisa membuat tubuh Bunda mengalami dehidrasi.

Oleh karena itu sebaiknya Ibu hamil sangat dianjurkan untuk tidak minum kafein. Karena kafein juga terkandung dalam beberapa obat, maka sebaiknya berkonsultasi dulu kepada dokter bila Bunda harus meminum obat yang mengandung kafein.

ibu hamil
Image : natureveshop.com

14. Perbanyak Minum Suplemen Demi Kesehatan Janin

Memang vitamin dan mineral memang diperlukan untuk tubuh Ibu hamil, tetapi pada umumnya hal tersebut bisa dipenuhi dengan diet sehat dan konsumsi gizi seimbang. Vitamin dan mineral tambahan diperlukan untuk optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan janin. Jika Bunda yakin, diet telah memenuhi semua kebutuhan gizi, maka tak perlu lagi tambhan vitamin. Hanya saja, kesibukan seringkali membuat Bunda lupa untuk memperhatikan asupan nutrisi.

Misalnya jika kekurangan kalsium, maka janin akan mengambil cadangan kalsium dari tubuh Bunda, Hal ini bisa menyebabkan gigi dan tulang melemah. Jadi, apabila Bunda untuk rutin meminum suplemen tidak ada salahnya.

ibu hamil
Image : hellosehat.com

15. Kalsium Pada Gigi dan Tulang Ibu Hamil Dapat Menghilang

Kebutuhan kalsium bagi Ibu hamil bisa dipenuhi dari makanan yang Bunda konsumsi. Jika kebutuhan kalsium bagi janin kurang, maka akan dipenuhi dari cadangan kalsium yang ada di tulang dan gigi Bunda. Maka itu alasan Kalsium pada gigi dan tulang ibu hamil dapat menghilang. Mengkonsumsi produk seperti susu, telur atau suplemen kalsium dapat memenuhi kebutuhan mineral selama menjalani proses kehamilan.

ibu hamil
Image : okezone.com

16. Hindari Mengkonsumsi Fast Food

Pantangan tersebut dikarenakan fast-food mengandung banyak lemak dan karbohidrat, dan jika dipanaskan dengan suhu tinggi dan lama bisa membuat kandungan vitamin dan mineral didalamnya akan menjadi hilang. Jadi, sebaiknya batasi konsumsi fast-food. 

ibu hamil
Image : id.theasianparent.com

17. Ibu Hamil Harus Minum Lebih Banyak Cairan

Yupss, seorang Ibu hamil harus menambah asupan cairan untuk tubuh seiring bertambahnya volume darah saat hamil. Pilihlah air mineral daripada minuman yang berkalori tinggi yang banyak mengandung gula, serta bisa membuat rasa mual berlebihan. Walaupun terjadi penumpukan cairan, terutama pada saat trisemester ketiga, jangan kurangi asupan cairan ibu. Selain itu, minum air putih dalam jumlah yang cukup juga bisa mencagah sembelit.

ibu hamil
Image : merdeka.com

18. Pantangan Mandi Larut Malam

Pada masyarakat beredar mitos bahwa Ibu hamill dilarang untuk mandi larut malam. Mereka pada umumnya harus mandi sejak sore hari. Meski secara medis tidak adahubungannya sama sekali, hal ini dipercaya untuk mencegah janoon yang ada dalam kandungan menyusut atau lahir prematur.

ibu hamil
Image : sumsel.tribunnews.com

19. Ibu Hamil Dilarang Mengangkat Beban Berat

Apabila ibu terlalu lelah dan stres, janin akan ikut gelisah, banyak bergeraj dan mungkin bisa terlilit tali pusar. Terlalu lelah juga bisa mengurangi suplai oksigen kejanin. Sehingga Bunda semua sebisa mungkin tidak melakukan aktivitas yang membebani tulang punggung, karena tulang punggung ibu sudah terbebani dengan tarikan kandungan yang berisi janin.

ibu hamil
Image : banjarmasin.tribunnews.com

20. Libido Di Usia Awal Kehamilan Cenderung Tinggi

Selama menjalani proses keehamilan semua aspek kehiduoan seorang Bunda memang berubah, termasuk persoalan seksual. Orgasme bisa saja terjadi ketika Bunda sedang hamil, padahal sebelumnya tidak berasakan itu. Atau terkadang sebagian wanita merasakan hal sebaliknya yaitu gairah menurun.

Pola naik-turunnya libido memang umum terjadi selama tiga trisemester kehamilan. Perubahan hormonal membuat bibir vagina (vulva) membesar dan sangat peka. Kepekaan payudara juga semakin meningkat. Timbulnya oragasme menyebabkan Rahim mengalami kontraksi yang mungkin menjadi sangat kuat.

ibu hamil
Image : alatbayi.net

21. Duduk Dengan Kaki Disilangkan, seperti Bunda Memukuli Janin

Hal tersebut dapat dibilang kurang tepat. Ada fakta dibalik hal tersebut yaito apabila Bunda menyilangkan kaki dapat menyebabkan suplai darah terhambat dan meningkatkan resiko varises.

Itulah mengapa lebih baik duduk dalam posisi normal selma kehamilan.

ibu hamil
Image : vemale.com

22. Ngidam

Gejala ngidam biasanya terjadi di awal kehamilan, tetapi tidak semua ibu hamil mengalaminya. Pada Bunda yang agak manja, gejala mengidam sering muncul, karena kebutuhan akan rasa kasih sayang dan perhatian dari orang sekitar.

Ngidam itu harus dituruti. Apabila ngidam tidak dituruti, terdapat mitos bahwa anaknya kelak akan sering ngiler. Namun secara medis, sebab ngidam tidak hanya dialami oleh wanita hamil saja. tetapi seorang pria pun bisa mengalaminya.

Nah itulah Bunda pantangan-pantangan yang sering terjadi dan berkembang di masyarakat. Bunda bisa mengikuti pantangan tersebut atau mungkin itu hanya sebuah mitos sehingga Bunda tidak perlu mengikuti pantangan tersebut. Dan semua tergantung masing-masing pribadi Bunda semua dalam menyikapinya. Yang terpenting konsultasikan pada dokter kandungan secara rutin.